Dalam dunia bisnis, branding sangat penting karena dapat membantu perusahaan menarik perhatian konsumen dan membangun loyalitas mereka terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Namun apasih yang dimaksud dengan branding itu?

Apa itu Branding?

Branding adalah salah satu proses panjang dalam membangun sebuah brand / merk. Mulai dari membuat nama, term, simbol, desain, atau kombinasi dari semuanya untuk mengidentifikasi dan membedakan suatu produk atau jasa dari yang lain

Branding juga dapat membantu perusahaan dalam menetapkan harga yang tepat untuk produk atau jasa mereka. Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan merek yang kuat akan dapat menetapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan yang tidak memiliki reputasi yang baik atau merek yang kuat.

Baca Juga : Logo Perusahaan, Seberapa Penting Bagi Perusahaan?

Selain itu, branding juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan daya saing mereka. Perusahaan yang memiliki merek yang kuat dan dikenal akan lebih mudah untuk bersaing dengan perusahaan lain dalam pasar yang sama.

Secara keseluruhan, branding adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Dengan branding yang kuat, perusahaan dapat menarik perhatian konsumen, membangun loyalitas, menetapkan harga yang tepat, dan meningkatkan daya saing mereka.

Langkah-Langkah Dasar Membangun Branding

Untuk kamu yang baru ingin memulai sebuah bisnis pastikan kamu melakukan branding dengan benar. Berikut langkah-langkah dasar dan penting yang perlu kamu tahu untuk membangun sebuah brand perusahaanmu, diantaranya:

  1. Menyiapkan identitas brand: Pertama anda perlu menentukan identitas brand seperti logo, font, color palate, company profile, hingga perintilan lainnya yang mencerminkan perusahaan kamu baik kultur dan nilai-nilai perusahaanmu.
  2. Menyediakan produk atau jasa berkualitas tinggi: Kedua kamu perlu menyiapkan produk atau jasa yang akan kamu jual. Pastikan kamu memberikan produk maupun jasa yang diterima oleh pasar. Sesuaikan dengan segment pasar kamu, pastikan berikan konsumen keinginan yang dia mau dengan service maupun yang berkualitas tinggi, sehingga akan membuat konsumen akan jauh lebih loyal dengan brand kamu.
  3. Menciptakan pengalaman pelanggan yang positif: Ketiga, buatlah sebuah flow after sales. Kamu dapat menggunakan form pelayanan, biarkan konsumen untuk mengisi dengan sejujur-jujurnya. Dari form tersebut kamu akan mendapatkan kritik dan saran yang dapat kamu jadikan mengembangan after salesmu. Hal ini bertujuan agar terbentuknya strategi marketing word of mouth dengan sendirinya, dimana pelanggan yang puas akan mungkin merekomendasikan merek kita kepada orang lain.
  4. Mengembangkan kampanye pemasaran yang efektif: Sebelum lebih detail, mohon bedakan kampaye marekting dengan kampaye branding. Kampanye branding biasanya sebuah kampanye jangka panjang yang ditujukan untuk meningkatkan brand value sebuah perusahaan. Kampanye branding biasanya memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran merk “brand awareness” dengan metrics seperti followers sosial media, traffic website, kunjungan toko, dan banyak lainnya.
  5. Membangun ekosistem digital yang kuat: Kehadiran digital presence sangat berpengaruh. Biasanya sebelum melakukan transaksi calon konsumen akan melihat sebuah website maupun sosial media sebuah perusahaan untuk memastikan kredibilitas produk tersebut. Sehingga memiliki website yang profesional, akun media sosial yang aktif, dan konten yang berkualitas dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan dan meningkatkan kesadaran merek.
  6. Menjalin kerjasama dengan perusahaan atau tokoh terkenal: Tidak ada salahnya untuk bekerja sama dengan beberapa KOL (Key Opinion Leader) untuk meningkatkan trust dari calon konsumen. Tidak peduli apapun industrymu, terkadang calon konsumen butuh validasi dari seorang yang expert untuk percaya dengan sebuah produk. Jadi jangan heran apabila kamu melihat iklan pasta gigi dengan pemeran dokter gigi. Bekerjasama lah dengan KOL atau tokoh terkenal yang mempresentasikan bisnis kamu.
  7. Menjaga komitmen terhadap nilai-nilai perusahaan: Setiap perusahaan pasti memiliki nilai-nilai yang menjadi guidline untuk internal maupun external perusahaan. Dengan menjaga komitmen terhadap nilai-nilai perusahaan dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan reputasi perusahaan.

Secara keseluruhan, meningkatkan nilai merek atau brand value memerlukan komitmen jangka panjang dan berfokus pada pengalaman pelanggan, kualitas produk atau jasa, dan reputasi perusahaan.

Cara Meningkatkan Branding Sebuah Perusahaan

Ada banyak cara apabila kamu ingin meningkatkan brand value perusahaanmu. Berikut beberapa program yang dapat kamu coba terapkan untuk meningkatkan brand value meliputi:

Program loyalty:

Program ini dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberikan hadiah atau diskon khusus untuk pelanggan yang sering berbelanja di perusahaan tersebut. Kamu dapat melihat program ini pada kartu kredit. Mereka banyak memberikan harga khusus apabila menggunakan kartu kredit mereka.

Program referral:

Program ini menerapkan strategi marketing word of mouth pada pelaksanaanya. Program ini dapat membantu meningkatkan jumlah pelanggan dengan mendorong pelanggan yang sudah ada untuk merekomendasikan perusahaan kepada orang lain. Sudah banyak perusahaan yang menerapkan program ini dan mendapatkan hasil yang efektif untuk meningkatkan brand value dan penjualan.

Program komunitas:

Program ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan reputasi perusahaan dengan membentuk komunitas pelanggan yang setia. Mi community adalah salah satu program komunitas paling sukses yang pernah ada. Bukan hanya untuk bercanda gurau semata Xiaomi memanfaatkan Mi community untuk mencari masukan dari pelanggan setianya untuk produk-produk terbaru mereka.

Program kontes atau hadiah:

Program ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan reputasi perusahaan dengan menyelenggarakan kontes atau memberikan hadiah kepada pelanggan yang berpartisipasi. Program ini biasanya dilakukan

Program CSR:

Program ini dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan dengan melakukan kegiatan sosial atau lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat. Biasanya program ini memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitar dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan mengembangkan perekonomian di area tersebut.

Program inovasi produk atau jasa :

Apakah kamu pernah mendengar blue ocean strategi? Ya program ini dapat dikatakan sebagai blue ocean strategi, program yang menyediakan berbagai produk atau jasa yang inovatif akan membantu kamu keluar dari zona persaingan yang ketat. Dan meningkatkan brand value anda karena menjadi pioneer pada perubahan tersebut.

Apakah kamu tau perusahaan Netflix? Netflix yang dulu bukan lah yang kita kenal sekarang. Netfilx awalnya adalah sebuah toko sebagai tempat penyewaan DVD. Namun seiring berjalannya waktu, mereka sadar dan melihat peluang ada kesempatan untuk membuat layanan streaming. Mulai dari layanan streaming dari website dengan tampilan yang ala kadarnya hingga menjadi Netflix yang sekarang. Dan sekarang Netflix sudah menjadi top of mind pada kebanyakan orang untuk layanan streaming film.

Program partner:

Program ini dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan dan meningkatkan kredibilitas merek dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan atau tokoh terkenal. Selain itu kita juga akan

Secara keseluruhan, program-program tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan nilai merek atau brand value dengan meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan reputasi perusahaan, dan meningkatkan kredibilitas merek.

Perusahaan Dengan Branding Yang Kuat

Perusahaan yang memiliki merek yang kuat, belum tentu akan menjadi pemimpin dari market share, namun setidaknya merek mereka diakui dan dihormati oleh para kompetitor dan pasar. Merek yang kuat dapat meningkatkan nilai perusahaan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan membantu perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Berikut beberapa contoh perusahaan dengan branding yang kuat di dunia, dari semua industry, diantaranya:

Coca-Cola:

Coca-Cola adalah perusahaan minuman yang memiliki merek yang sangat kuat dan diakui di seluruh dunia. Merek ini dikenal dengan logo warna merah dan tulisan hitam yang menjadi identitas perusahaan.

Apple:

apple logo branding

Apple adalah perusahaan teknologi yang memiliki merek yang sangat kuat dan diakui di seluruh dunia. Merek ini dikenal dengan desain elegan dan inovatif dari produk-produknya seperti iPhone, iPad, dan Macbook.

Nike:

Nike Logo

Nike adalah perusahaan pakaian olahraga yang memiliki merek yang sangat kuat dan diakui di seluruh dunia. Merek ini dikenal dengan slogan “Just Do It” dan logo berbentuk “swoosh” yang menjadi identitas perusahaan.

McDonald’s:

Mc donald logo

McDonald’s adalah perusahaan makanan cepat saji yang memiliki merek yang sangat kuat dan diakui di seluruh dunia. Merek ini dikenal dengan logo berbentuk arches yang merupakan identitas perusahaan.

Louis Vuitton:

Louis Vuitton Logo branding

Louis Vuitton adalah perusahaan fashion yang memiliki merek yang sangat kuat dan diakui di seluruh dunia. Merek ini dikenal dengan desain elegan dan mewah dari produk-produknya seperti tas, sepatu, dan aksesoris.

Secara keseluruhan, perusahaan dengan branding yang kuat dapat meningkatkan nilai perusahaan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan membantu perusahaan untuk menarik pelanggan baru dengan menjaga konsistensi dalam membangun mereknya.

Berikut tadi hal yang perlu kamu tahu mengenai pentihnya sebuah branding bagi perusahaan. Kedepannya Pixl Studio akan menjabarkan lebih detail dan lebih lengkap penjelasan mengenai sebuah branding untuk kamu.

Apabila kamu sedang ingin membangun sebuah bisnis? atau kamu ingin melakukan rebranding bisnis kamu? Apapun itu, hubungi Pixl Studio segera untuk mendapatkan penawaran paket branding yang berkualitas dengan harga terbaik. Yuk Isi formnya disini!

Tags: