Desain kemasan produk menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan penjualan sebuah perusahaan. Selain itu desain produk yang unik dan kuat akan menjadi sebuah perantara antara perusahaan untuk menyampaikan sebuah pesan ataupun statement kepada masyarakat melalui visual produk mereka.

Mungkin anda tidak sadar bahwa setiap orang yang sedang berbelanja di supermarket membutuhkan waktu sekitar 5 – 7 detik untuk menentukan produk yang akan di beli. Apabila anda belanja pada supermarket pada umumnya, mereka menawarkan lebih dari 40.000 produk yang berbeda untuk konsumennya.

Untuk membantu produk mereka tampil menonjol daripada produk lainnya, mereka menggunaan desain produk dengan menggunakan warna warna yang menarik, rangkaian fitur yg nyaman dan memancing motivasi. Bisa jadi beberapa team dari designer, product development, teknologi, dan quality manager bekerja bersama selama berbulan-bulan untuk mengeluarkan satu produk di pasar. Kenapa? Karena mereka paham perbedaan desain mana yang menjual dan yang tidak menjual.

Infografis Desain Produk
Source : Business Insider

Berdasarkan data infografis yang dikeluarkan oleh business insider, dapat di simpulkan bahwa :

1. Hampir semua produk ketiga yang akan dibeli berdasarkan desain produk

2. Lebih dari 70% keputusan membeli dilakukan di store

3. Tidak hanya untuk membuat konsumen tertarik, tetapi juga menyediakan kemasan yang fungsional dan packaging yg sesuai dengan tujuannya. Riset telah membuktikan bahwa 45% konsumen menggunakan social media untuk membagi pandangan negatif mereka. Jika desain produk tidak bisa memenuhi hal tersebut, maka dari itu jangan kaget jika ada reaksi dari yang bisa merusak brand image.

4. Desain produk yang berkualitas juga dapat menghemat pengeluaran. Kerusakan produk dari yang transit di negara yang sudah berkembang di bawah 5%, sedangkan pada negara yang masih berkembang tingkat kerusakan dapat mencapai 30%

5. Berdasarkan penelitian, desain produk meningkatkan penjualan daripada kegiatan marketing lainnya.

6. 66% konsumen mencoba produk baru karena desain produk brand.

7. 52% konsumen online akan melakukan repeat order apabila mendapatkan desain produk yang premium

8. ketertarikan konsumen meningkat 30% ketika brand memiliki desain produk yang unik

9. 90% desain produk dapat digunakan kembali

10. 74% dari umur 18-25 tahun akan membagikan gambar desain produk melalui sosial media mereka.

Step Menentukan Desain Produk Untuk Kesuksesan Brand

Pada era sekarang, desain produk menjadi salah satu bagian penting dalam prodak management. Dengan meningkatnya persaingan, perusahaan harus berfikir untuk membuat sebuah desain produk yang inovatif. Beberapa produk seperti makanan, kosmetik, dan personal care hadir dengan desain produk yang sangat inovatif. Karena mereka percaya desain produk menjadi salah satu kegiatan marketing yang efektif untuk menjual produk mereka.

Baca Juga :

Sekarang desain produk berperan sebagai nilai tambahan untuk sebuah produk dan memberikan manfaat yang lebih besar kepada konsumen melalui sebuah desain produk. Menurut MBA Tuts, ada beberapa keputusan utama dalam menentukan sebuah desain produk, diantaranya;

Product Packing
Source : MBA Tuts

1. Material Kemasan

Seorang pemasar dapat mengganti bahan kemasan produk misalkan Selama ini kantong plastik diganti dengan kantong kertas, wadah Logam juga salah satu yang digunakan untuk pengolahan sari buah, minyak sayur bahkan cat.

Misalnya kaleng coco-cola, dan kemasan logam Pepsi lebih mahal daripada bahan lainnya sehingga dalam beberapa tahun terakhir kemasan dasar aluminium menjadi populer.

Misalnya teh, kopi, dan rempah-rempah telah mengadopsi kemasan aluminium foil kemasan yang lebih inovatif telah melahirkan berbagai bahan seperti ukuran, bentuk pengurangan biaya kenyamanan

2. Kemasan Estetik

Kemasan digunakan untuk meningkatkan penampilan produk yang merangsang pembeli untuk membeli produk. Estetika meliputi desain kemasan, material, ukuran, dan bentuk. Estetika kemasan juga berguna dalam identifikasi merek misalnya botol sampo, berbagai jenis biskuit, dan coklat untuk anak-anak

Produk dari berbagai merek diidentifikasi karena kemasannya yang unik. Setiap perusahaan menggunakan warna yang berbeda, dan desain untuk memberikan tampilan produk yang berbeda

3. Ukuran dan Kenyamanan Kemasan Produk

Ukuran kemasan memainkan peran yang sangat penting tidak hanya dalam penggunaan tetapi juga untuk merangsang penjualan Sekarang karena semua FMCG dalam bentuk sachet atau kemasan isi ulang, ukuran kemasan memainkan peran sebagai berikut

  1. Merangsang pembeli yang tidak memiliki kemampuan membeli.
  2. Pembeli dapat membeli varietas dalam kategori yang sama.
  3. Membantu menjaga kesegaran produk dari pabrik.

Dalam merancang desain kemasan produk, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan, seperti simpel, menarik, jelas, dan fungsional. Desain kemasan yang simpel dan jelas dapat memudahkan konsumen dalam menggunakan produk, sedangkan desain kemasan yang menarik dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk.

Berikut tadi hal yang perlu kamu tahu mengenai pentingnya sebuah desain kemasan produk bagi sebuah keberlangsungan perusahaan. Kedepannya Pixl Studio akan menjabarkan lebih detail dan lebih lengkap penjelasan mengenai sebuah branding untuk kamu.

Apabila kamu sedang ingin membangun sebuah bisnis? Dan membutuhkan untuk membuat desain kemasan produk yang menarik? Apapun itu, hubungi Pixl Studio segera untuk mendapatkan penawaran paket branding dan marketing tools yang berkualitas dengan harga terbaik. Yuk Isi formnya disini!

Tags: